Saturday, October 27, 2012

Happy National Blogger Day, Bloggers!! ^^

Pagi ini bangun dan baca timeline twitter, ada beberapa tuips yang mengucapkan 'Selamat Hari Blogger Nasional!' Huwoooowwwhh ! Secara saya juga seorang yang aktif nge-blog, maka saya pun merasa menjadi salah satu yang 'berulang tahun' hari ini. Saya pun ikut menuliskan di twitter:



Ya, blog buat saya adalah sarana untuk menyalurkan ide dan inspirasi saya, dan bukan nggak mungkin untuk mewujudkan mimpi-mimpi saya. Saya pertama kali memiliki blog adalah di tahun 2008. Saya ingat betul waktu itu saya sedang bekerja di sebuah portal berita, jadinya ya setiap hari berkutat dengan internet :D Dari situ saya tahu blog itu apa, yaitu media internet di mana kita bisa nulis dan posting suka-suka. Wah, seru nih. Maka kemudian muncullah blog ini. Isinya? Boleh dirunut deh postingan dari tahun 2008, kebanyakan ya tentang curhatan-curhatan saya tentang perasaan saya waktu itu, hihihiii..

Well, setiap blogger pasti memiliki tujuan masing-masing saat bikin blog, yang kemudian berpengaruh pada konten blog. Dan selama tujuan itu positif, buat saya nggak ada yang salah, juga tentang mengisi curahan hati di blog. :D Tapi seiring perkembangan waktu, saya sering membaca ulang blog saya dan berpikir, "Najis, ngapain gue dulu nulis gituan ya? Norak, ah!" Hehe.. Dan secara tidak disadari pula, saya mulai 'rapi' dalam mengisi postingan di blog. Saya berusaha menempatkan diri sebagai orang lain yang juga membaca blog saya. Kira-kira suka juga nggak ya? Bermanfaat nggak ya buat mereka?

Maka kalau melihat konten blog saya sejak akhir 2010, isinya adalah sharing tentang hal-hal yang saya lakukan yang sebisa mungkin juga bisa dinikmati oleh umum. Lalu mulai tahun 2011, saya memperbanyak konten blog saya dengan resensi buku dan prosa karya saya. Ya, masih ada juga lah satu-dua tulisan curhatan saya, tapi sebisa mungkin menulisnya nggak asal-asalan, hehe..

Apakah saya bersenang-senang dengan blog saya? Apakah saya mendapatkan sesuatu dari blog saya? Apakah ada orang lain yang termanfaati dengan blog saya? Puji Tuhan, jawabannya adalah ya, ya, dan ya. :) Meski berusaha menulis agar bisa dibaca dengan baik oleh orang lain, saya tetap bersenang-senang kok saat menulis. Nggak sampai harus kaku dengan kaidah-kaidah bahasa baku. Tapi yang jelas format penulisan memang lebih diperhatikan, misalnya paragraf jangan terlalu panjang, biar lebih rapi dan nggak capek bacanya. :) 

Dan saya juga mendapatkan sesuatu dari blog ini. Misalnya, teman yang juga pemilik dari Penerbit Haru tertarik untuk meminta saya menuliskan resensi buku Haru untuk dipasang di media, setelah melihat resensi novel 'Then I Hate You So' di blog ini. Dan saya bersyukur banget ketika ada beberapa teman yang bilang, mereka tertarik saat membaca resensi buku yang saya tulis, atau ada juga teman yang menikmati prosa hasil bersenang-senang saya. :D

Bicara soal bermanfaat, saya juga beberapa kali melihat konten blog saya 'dipindahkan' ke blog atau situs lain. Baik dengan mencantumkan credit, maupun tidak mencantumkan. Ini nih contohnya:


Review novel 'My Boyfriend's Wedding Dress' di http://kpopkoreadrama.blogspot.com/2012/08/review-novel-my-boyfriends-wedding.html yg diambil dari sini (thx for putting the credit :) )


Review novel 'Seoul Cinderella' di http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000041574/seoul-cinderella.html yg sayangnya nggak mencantumkan credit ke blog saya, padahal jelas-jelas persis dengan yang di sini :(

Yah, kesal juga sih kalau ada yang main catut isi blog tanpa mencantumkan credit. Waktu itu sempat protes ke yang bersangkutan lewat twitter tapi nggak digubris. Tapi ya sudahlah, nggak mau terlalu ambil pusing karena kan tujuannya bagus, buat promosi buku. Ya senang aja kalau tulisan saya bisa berguna buat bahan promosi. :)

Jadi menurut saya, nge-blog itu banyaaak sekali manfaatnya. Bayangkan ketika ada pengunjung ke blog kita karena mereka sedang googling tentang satu info dan diarahkan ke blog kita, wuaaah! Rasanya senang dan bangga! :D 

Oh ya, selain blog ini yang isinya lumayan random, saya juga punya satu blog lagi yang isinya khusus tentang traveling, yaitu http://travelerwannabe04.blogspot.com/ saya buat sejak September 2011. Di sana saya sharing tentang catatan perjalanan saya, info, tips, dan hal-hal lain berkaitan dengan traveling

Seru banget lah, karena melalui media blog saya bisa menyalurkan kesukaan-kesukaan saya yaitu: baca, menulis, dan traveling. Saya percaya ketika kita menyukai sesuatu dan melakukannya secara kontinyu dan (sebisa mungkin) serius, maka hal tersebut akan membawa hasil baik buat kita. Mungkin bukan sekarang, tapi suatu saat nanti. :) Dan lewat blog lah saya melakukan hal tersebut. Bukan nggak mungkin kesukaan yang berujung passion itu akan mewujudkan mimpi-mimpi kita. Amin!

Selamat Hari Blogger Nasional, kawan-kawan blogger! :)

dinoy

No comments: