Sunday, October 21, 2012

Close To You - a Novel Review


Info Buku
Judul Buku: Close To You
Penulis: Clara Canceriana
Penerbit: Haru
Genre: Romance
Kategori: Fiksi, novel lokal
Harga: Rp 42.500
Tebal: 264 Halaman
Terbit: Oktober 2012


“Kau… pernah jatuh cinta pada dua orang sekaligus?” 

Jatuh cinta pada dua orang sekaligus, itulah yang Hara rasakan saat ini. Hara menyukai Alex, teman bicara di dunia maya yang menyenangkan. Alex mengenali Hara melalui sebuah nama, Lee. Lee yang dikenali Alex adalah gadis yang manis, lembut, dan ramah diajak bicara. Setiap hari mereka berbincang lewat skype tentang banyak hal. Terutama menceritakan perasaan masing-masing akan hari yang baru saja dilalui.

Di kehidupan nyata, sosok Hara berbeda dengan yang dikenali Alex. Hara tidak suka siapa pun menghalangi jalannya untuk melakukan apa yang diinginkannya. Baginya, tidak ada basa basi, dan setiap orang yang tampak menyebalkan di matanya akan langsung mendapatkan ganjarannya. Cewek yang galak, begitu ia biasa dijuluki. Penampilannya yang tomboi menyembunyikan kecantikan wajahnya. Padahal dibalik sifatnya yang galak dan keras terhadap orang lain, sebenarnya Hara tetaplah perempuan yang memiliki jiwa yang sensitif. Peristiwa di masa lalu membuatnya membentuk dirinya sendiri menjadi seolah-olah tidak memerlukan orang lain. Saat Hara mulai merasakan kenyamanan bersama Alex, Shin Kang datang mengusiknya. Kang adalah mantan pacar Hara yang dulu memutuskannya karena berselingkuh dan tidak tahan dengan pribadi Hara. Namun kini Kang kembali hadir dan berusaha untuk menjadikan Hara sebagai pacarnya lagi. Akankah Hara menerima Kang kembali?

Belum selesai urusannya dengan Kang, ada cowok lain yang juga mencuri perhatian Hara. Dia adalah Bayu, mahasiswa asal Indonesia. Menjadi mahasiswa asing di negara dengan bahasa yang tidak bisa dibilang mudah untuk dipelajari, membuat Bayu agak kesulitan untuk berinteraksi dengan kawan-kawan kampusnya. Apalagi ia adalah cowok yang minder. Pada akhirnya ia menggunakan kemampuan dan ketelatenannya dalam mengerjakan tugas kuliah untuk bisa berinteraksi dengan para gadis. Oh, salah, tepatnya gadis-gadis itulah yang memanfaatkan kemampuannya. Mereka mendekati Bayu untuk sekadar minta dibuatkan tugas atau menyalin catatan mata kuliah. Dan Bayu tidak menolak. Dengan kenaifannya ia berpikir bahwa gadis-gadis itu sungguh-sungguh memerlukan pertolongannya. Namun justru Hara lah yang kesal akan hal ini dan memperingatkan Bayu untuk tidak menuruti kemauan mereka. Kenapa Hara menjadi sepeduli itu terhadap Bayu? Sebenarnya siapakah yg Hara sukai?

Novel kelima karya Clara Canceriana ini bercerita tentang kehidupan mahasiswa di Korea. Di novel ini kita akan diajak menyelami beberapa kebiasaan mahasiswa Korea, juga budaya-budaya negeri tersebut. Lewat kisah di antara kedekatan Hara-Alex-Lee-Bayu-Kang di Kwangdae University, Seoul, kita juga akan diajak untuk menyelami setiap perbedaan karakter dan cara mereka mengungkapkan perasaan masing-masing. 


dinoy

No comments: