Thursday, October 11, 2012

With You, Sehari Bersamamu


Info Buku:
Judul: With You - Sehari Bersamamu
Penulis: Christian Simamora & Orizuka
Penerbit: Gagas Media
Genre: Romance
Terbit: Juli 2012
Tebal: 316 Halaman
Harga: Rp 50.000

Dua penulis dengan kepribadian dan gaya penulisan yang berbeda, disandingkan dalam proyek novel duet oleh Gagas Media yang berjudul ‘With You’.  Ini adalah buku gagas duet yang kedua yang saya baca setelah ‘Kala Kali’ dan terus terang, saya lebih menyukai konsep duet yang ini. Kenapa? Meskipun saya menyukai dua novela yang disandingkan di ‘Kala Kali’, namun saya kurang bisa menangkap dengan jelas benang merah di antara keduanya. Menurut saya lebih baik jika dua novela itu berdiri sendiri. Namun di novel ‘With You’, selain saya menikmati dua cerita yang berbeda di dalamnya, namun saya juga dengan mudah setuju kalau keduanya disandingkan dan memiliki satu benang merah. Apa benang merahnya? Sabar dulu, ya! ;)

‘Sehari bersamamu’ adalah tagline yang ditampilkan di novel ini. Saat pertama kali tahu dari teman kalau dua novela ini sama-sama mengambil setting waktu satu hari, dan diperkuat lagi saat saya membaca keterangan di sampul bukunya, saya seperti berpikir “Hah, serius nih cuma seharian aja ceritanya? Cungguh? Miapaaahh??* *okay, that was too much! :D* Maksud saya, akan seperti apa kisah yang hanya mengambil waktu sehari dituliskan sepanjang setengah novel? Apa nggak maksain tuh adegan-adegannya? Apa nggak ngebosenin? Oke, daripada sok menilai tapi nggak tahu lebih dalam, saya putuskan untuk membeli dan membacanya.

Dua novela dalam ‘With You’ ini masing-masing memiliki judul ‘Cinderella Rockefella’ yang ditulis oleh Christian Simamora dan ‘Sunrise’ yang ditulis oleh Orizuka. Dua penulis yang memiliki karakter berbeda (salah satu penulis sendiri mengungkapkannya di kata pengantar) serasa mewakilkan kepribadian masing-masing di tokoh utama novelanya. Cindy Tan (Cinderella Rockefella) adalah seorang model yang suka bicara ceplas ceplos, cepat menilai orang lain, dan juga jutek-mewakili karakter ekstrover. Sementara Lyla (Sunrise) adalah karakter gadis yang sederhana, pendiam, dan mudah menerima apa yang terjadi di hadapannya –mewakili karakter introver.

Gaya bahasa dua tokoh utama tersebut tentu saja berbeda. Cara pandang dua gadis ini tentang cinta pun tak sama. Apalagi hal-hal yang mereka lakukan saat mendekati atau didekati seorang pria. Hal ini terlihat misalnya saat Cindy bersama Jere. Meski ia nggak mudah menahan dirinya yang sebenarnya terpesona dengan sosok pria itu, namun ia masih bisa mengimbangi sikap Jere saat mereka makan malam berdua. Sementara Lyla masih merasa kikuk setiap kali ia harus bersinggungan dengan Juna, mantan pacar yang saat ingin ia hindari.

Oh ya, tadi saya sempat meragukan tentang apakah cerita yang disajikan menjadi maksa dan membosankan dengan setting waktu hanya sehari? Jawabannya: nggak. Setiap adegan terasa mengalir. Juga selipan flash back ke masa lalu tidak terasa berlebihan. Dan peralihan antara ‘Cinderella Rockefella’ ke ‘Sunrise’ terasa smooth, dengan menjadikan hubungan persaudaraan Cindy dan Lyla sebagai jembatannya.

‘Keduanya mempersembahkan dua cerita cinta yang menemukan takdirnya dalam satu hari saja’ .. dan saya langsung setuju dengan premis yang diajukan tersebut. Jadi apa benang merah yang saya dapat di novel duet ‘With You’ ini? It’s about finding the one, only in one day. :3


dinoy

No comments: