Monday, June 4, 2012

SeoulMate is You - the Review




Judul: SeoulMate is You
Penulis: Lia Indra Andriana
Genre: Romantic, fantasy
Tebal: 320 Halaman
Penerbit: haru
Terbit: Mei 2012
Harga: Rp 45.000

Sebelum mulai menulis resensi, saya ingin mengucapkan selamat kepada sahabat saya: Lia Indra Andriana yang baru saja merilis novel terbarunya. Dan tanpa basa-basi, here goes the review of ‘SeoulMate is You’, novel bergenre romantic comedy-remaja dewasa, yang mengambil setting Korea Selatan. Well, if you happened to know novel ‘SeoulMate’ which has released in early 2011, this novel is the sequel of that novel. And which one I like better? The sequel, is the answer.

Kenapa saya lebih menyukai ‘SeoulMate is You’? Karena ceritanya yang lebih membumi, lebih didominasi tentang konflik hubungan antara manusia dengan manusia, dan romance nya lebih dapet. Sedikit mengingatkan, novel ‘SeoulMate’ yang bergenre fantasi lebih banyak memperkenalkan tentang organisasi SeoulMate. Bagaimana cara kerja mereka mewujudkan proposal keinginan manusia lewat kemampuan para hantu (resensinya di sini). Di ‘SeoulMate is You’, pasti masih ada tentang hantu, bahkan ada satu tokoh hantu baru yang muncul. Namun bedanya, ceritanya lebih mendalam tentang hubungan antar manusia. Kisah cinta antara Sun dan Jang juga menjadi semakin berwarna. Berada dalam dimensi dunia yang sama bukan berarti membuat hubungan mereka menjadi lebih lancar, malah sebaliknya. Sun dengan kemampuan yang dimilikinya tidak dapat begitu saja berterus terang kepada Jang. Jang dengan sifat naïf nya, juga tidak membuat keadaan menjadi lebih mudah. Belum lagi masalah lain yang ditimbulkan oleh orang-orang –tepatnya orang dan hantu- di sekitar mereka, yaitu: Su Jin, Arang, Si Hoo, dan juga Tae Kwang.

Masih sama dengan novel ‘SeoulMate’, karakter favorite saya di ‘SeoulMate is You’ adalah Sun. Sun memiliki karakter yang kuat, yang membuatnya tampak sebagai pribadi yang selalu memperjuangkan apa yang dia inginkan. Meski beberapa kali sikapnya terasa menyebalkan dan plin-plan, tapi justru disitu keunikannya. Ia tetap seorang tokoh sentral yang kata-katanya hampir selalu diikuti oleh orang di sekitarnya.

Satu hal lain yang ingin diangkat oleh Lia di sini adalah tentang Siwon-pemimpin organisasi SeoulMate. Pemuda kalem ini ternyata memiliki kisah sendiri yang coba diceritakan oleh Lia. Namun sayang, menurut saya penceritaan Siwon terasa nanggung di sini. Karakternya yang seakan bimbang, juga tentang masa lalu nya yang dibahas tidak tuntas, membuat saya kurang puas dengan plot cerita khusus Siwon ini. Itu adalah kritik saya tentang novel 'SeoulMate is You'. Namun selebihnya, novel ‘SeoulMate is You’ sangat layak dan saya rekomendasikan sebagai alternative bacaan yang nggak membosankan.
Daebak, Lia! ^^

Catatan lain:
-Jika di novel SeoulMate ada bonus kamus mini bahasa Korea, di SeoulMate is You bonusnya adalah berupa ilustrasi gambar dan komik.

- Selain mengambil setting lokasi kota Seoul, novel SeoulMate is You juga akan memandu kita berkeliling Pulau Jeju dan kota Suwon.

1 comment:

Clara Canceriana said...

aduh kirimin dong kakak xDD