Friday, February 3, 2012

(re) Resensi SeoulMate - cute novel by Lia Indra Andriana

(pic taken from penerbitharu.com)
Info Buku
Judul: SeoulMate
Penulis: Lia Indra Andriana
Penerbit: Penerbit Haru
Tahun Terbit: 2011

 
Sun
Isshh... apa sih maunya Siwon ini? Dulu maksa-maksa aku untuk bergabung dengan SeoulMate, padahal sudah kubilang aku nggak mau berurusan dengan hantu. Sekarang  coba lihat, dia malah memasangkanku dengan hantu pria bodoh yang bahkan mengingat namanya sendiri pun nggak bisa. Merengek-rengek memintaku memberikannya nama, memangnya aku ibunya apa? Baiklah aku panggil dia Jang. Ya, cukup satu suku kata saja nama yang kuberikan setelah dia menerorku bak penagih hutang. Dan demi Tuhan, apa sih yang kau lakukan selama hidup mu, Jang? Kau ini seperti pria lugu yang tak tahu apa-apa dan tak punya pendirian. Kau berbeda sekali dengan Dong Oppa yang selalu tahu apa yang harus dilakukan. Ah Dong Oppa, kemana sih kau ini? Segeralah tunjukkan batang hidungmu, aku mau urusan dengan hantu-hantu ini cepat selesai! 

Jang
Siapa sih aku sebenarnya? Kenapa aku harus melayang-layang tak jelas seperti ini? Dan gadis itu,ah Kim Sun. Dia sepertinya tidak suka denganku, tapi entah kenapa setiap kata-kata nya seperti memiliki mantra yang membuatku tidak bisa berkata ‘tidak’. Lagipula aku membutuhkannya. Aku membutuhkannya untuk menyelesaikan urusanku yang tertunda di dunia, apapun itu. Ah, otak sialan! Kenapa kau tidak  bisa bekerja sesuai yang kuharapkan? Bahkan untuk melakukan hal kecil pun aku harus dituntun oleh gadis acuh itu. Tunggu saja Sun, aku akan membuktikan kalau aku bukan laki-laki bodoh seperti yang kau kira. Setidaknya kehidupanku menjadi hantu harus lebih baik daripada kehidupan manusia ku, yang bahkan tak bisa kuingat sama sekali.
(Dikembangkan dari penggalan cerita di SeoulMate)

Lagi iseng di kantor, pengen nulis resensi novel lagi tapi nggak tahu yang mana, akhirnya aku nulis aja tentang novel SeoulMate. Ini novel lama, terbit awal tahun 2011, aku juga sempat menulis resensi pendek nya kok yang dimuat di theseoulmate.com. Cuma waktu itu resensi ku masih lumayan asal-asalan, karena memang belum pernah menulis resensi sebelumnya. Dan sekarang coba menulis ulang, deh. SeoulMate terbit saat K-Pop dan K-Drama lagi nge trend (hallyu wave), dan sampai sekarang juga masih dan semakin hits. Makanya nggak heran kalau novel ini banyak disukai pecinta K-Pop dan K-Drama, karena novel ini mengambil setting cerita di Korea Selatan dan banyak menceritakan tentang budaya Korea (dan belajar lumayan banyak kosakata bahasa Korea, sebagai tambahan). Bahkan nama yang dipakai sebagai tokoh cerita pun diambil dari beberapa nama artis K-Pop, misalnya Siwon, Jang, Minho.

Ceritanya sendiri, bisa dikategorikan sebagai cerita fantasy, karena menceritakan tentang hubungan antara manusia dan hantu, juga beberapa adegan yang tidak mungkin kita temui di dunia nyata. Tentang Sun yang membenci kemampuannya sendiri yang bisa melihat dan berkomunikasi dengan hantu. Tentang Jang yang mencari jati diri siapa dia sebenarnya dan kenapa dia bisa tersesat di dunia hantu. Tentang sebuah organisasi yang membantu manusia melaksanakan keinginan-keinginan yang selama ini tampak mustahil, dan tentunya juga membantu para hantu menyelesaikan urusan tertinggal mereka agar segera bisa kembali ke alam keabadian.

Ceritanya lucu, menggemaskan saat kita disuguhi adegan-adegan pertengkaran antara Sun dan Jang, juga tingkah para hantu lainnya saat melaksanakan proposal keinginan manusia. Bumbu-bumbu percintaan yang dimasukkan juga bisa membuat senyum-senyum sendiri saat membacanya. Jadi ya, sama sekali nggak membuat takut meski menceritakan tentang dunia hantu (tapi ingat ini fiksi ya, jangan mengharapkan akan bertemu hantu setampan Jang di dunia nyata, hehe). 

Oh by the way, dengar-dengar novel SeoulMate ini akan ada sequel lanjutannya di tahun ini, yang menurut penerbit nya sih masih dalam proses pengerjaan. Kalau mau tahu tentang novel ini lebih banyak atau novel-novel lain dari penulis yang sama, coba cek web nya di www.theseoulmate.com. Atau kalau mau tahu tentang Penerbit Haru yang suka ngasi bocoran tentang sequel SeoulMate ini (dan novel-novel yang akan terbit lainnya), bisa follow twitter nya di @penerbitharu atau cek web nya di www.penerbitharu.com.
Annyeong!! :)


No comments: