Friday, February 3, 2012

Sepenggal Resensi ‘Infinitely Yours’ – a novel by Orizuka

(pic taken from goodreads.com)
Info Buku
Judul : Infinitely Yours
Penulis: Orizuka
Penerbit: Gagas Media
Tahun Terbit: 2011

Katanya, orang Korea suka menganalisa karakter sesama nya berdasarkan golongan darah. Dan inilah yang menjadi salah satu ide cerita di novel ‘Infinitely Yours’ karya Orizuka ini. Novel yang menceritakan tentang dua orang yang bertolak belakang sifat dan karakternya, namun justru melakukan petualangan bersama di negara yang menawarkan banyak romantisme. Jingga adalah seorang gadis yang cinta mati terhadap negara Korea, terutama pria nya. Dia pernah sekali berkunjung ke Korea Selatan, dan bahkan dia hafal dan bisa bercakap-cakap dalam bahasa Korea. Di kunjungan keduanya ke negari ginseng kali ini, Jingga mempunyai tujuan tersendiri untuk bertemu dengan pangeran impiannya. Dan tujuannya ini bertabrakan dengan tujuan Rayan, seorang arsitek muda dengan wajah yang diyakini Jingga cukup mirip dengan salah satu artis Korea.

Hanya perlu beberapa kali pengamatan untuk Jingga menyimpulkan, bahwa Rayan adalah seorang dengan golongan darah A. Seorang yang tertutup, acuh terhadap kondisi sekitar, kaku, dan beberapa sifat lain yang nggak asyik menurut Jingga. Berbeda dengan golongan darah O yang dimiliki Jingga, yang membuatnya seperti anak kecil yang nggak pernah kehabisan energi. Jingga memiliki ketertarikan terhadap hampir segala sesuatu yang dijumpainya, dan Ia seperti menularkan semangat dan keceriaan bagi semua orang disekelilingnya, kecuali Rayan tentunya. Rayan masih nggak habis pikir, salah apa yang Ia perbuat sehingga kejadian demi kejadian selalu membuatnya berurusan dengan Jingga, gadis yang sangat mengangggu dan selalu ingin tahu itu. Rayan ke Korea bukan untuk berlibur, Ia tahu pasti itu. Ia juga tak perlu repot-repot mematuhi jadwal travel agent yang dia ikuti, karena dia cuma punya satu tujuan: bertemu dengan seseorang di masa lalu nya, dan meminta penjelasan terhadap apa yang terjadi diantara mereka. Rayan ingin mencapai tujuannya sesegera mungkin, dan sendiri.

Novel drama ini akan membawa kita berpetualang mengelilingi indahnya negara Korea Selatan yang sekarang sedang booming karena K-Pop dan K-Drama nya. Melalui petualangan Jingga dan Rayan, kita akan diajak menyusuri indah nya sungai Cheonggyecheon, menawan nya N-Seoul Tower dengan ribuan gembok cinta nya, atau salju yang terhampar di Mount Seorak. Tak lupa beberapa percakapan dalam bahasa Korea juga membuat kita bisa sedikit belajar bahasa Korea. Cerita cinta tentang dua manusia dengan karakter berbeda selalu menarik untuk disimak. Dan di novel ini juga kita akan diajak untuk memandang dunia dari dua sudut pandang yang berbeda. Jingga yang ceria, Rayan yang pemikir. Membuat kita sadar bahwa permasalahan dalam hidup tak selalu bisa dipandang dengan ‘enteng’, meski ada saatnya juga kita harus melupakan sejenak masalah-masalah tersebut dan belajar menikmati apa yang kita jumpai. Dan cinta, akhirnya bukan tentang sosok sempurna yang menjadi idaman kita selama ini, melainkan tentang dia yang dapat melengkapi kekurangan-kekurangan kita. :)

No comments: