Friday, August 2, 2013

Curhat (semoga bukan) sombong... :)

Halo, Agustus! Jumpa lagi dengan bulan baru, dan aku masih menanti ada kejutan-kejutan baru apalagi di bulan kedelapan ini. Oh, tapi aku akan masih melanjutkan kabar baik lanjutan dari postingan kebahagiaanku sampai tengah tahun 2013 ini. What’s new from July?? Yep, goodnews! Rupanya keberuntunganku masih terus berlanjut, haha, aku sendiri sampai curiga aku ini punya jimat apa, siih.. kok kebagian lucky melulu... hohoho, aku sudah mulai narsis inii...

Ya sudah, ini deh kabar-kabar baiknya...

Tanggal 15 Juli 2013 adalah hari bersejarah di mana untuk pertama kalinya aku memenangkan sebuah .... arisan. Lol. Jadi kan aku join dengan komunitas Blogger Buku Indonesia dari sejak beberapa bulan lalu. Dan komunitas ini juga punya grup di Whatsapp tempat ngobrol sehari-hari. Ada satu WA besar yang mewadahi seluruh member BBI dari semua wilayah Nusantara, ada juga beberapa WA berdasarkan daerah tempat tinggal. Dann... aku ikut juga di WA BBI wilayah Jabodetabek yang saat bulan Juni sepakat untuk mengadakan arisan. EH... nggak dinyana, saat arisan dikocok pertama kali tanggal 15 Juli 2013, namaku keluar dari 3 pemenang tiap bulannya! Horeee.... Puji Tuhan, lumayan jumlahnya Rp 300.000, dan karena ini grup blogger buku maka kita sepakat hasilnya dibelanjakan untuk buku juga, hihi. Beberapa waktu lalu aku udah membelanjakan sebagian, yaitu untuk 3 novel: Me Before You, The Chronicle of Audy 4R, sama The Kite Runner, totalnya Rp 180.000-an, masih ada sekitar Rp 120.000 untuk kubelanjain buku lagi. Asyiiiiik ^^. 

Kabar baik selanjutnya... bicara tentang hal yang sedang berusaha kulatih saat ini, yaitu editing, aku dapat orderan ngedit naskah lagi nih.... Bedanya kali ini bukan dari penerbit, tapi dari teman yang mau nerbitin buku secara indie. Wah, aku tentu senang sekali saat dia minta tolong naskahnya dibacakan dan diedit... nanti namaku juga akan muncul di bukunya sebagai editor. Meski indie, tapi kami sepakat kalau naskah ini akan tetap diproses seperti buku selayaknya yang diterbitkan oleh penerbit major. Temenku ini juga mau menetapkan skedul-skedul pengeditan naskah biar nggak dibiarkan longgar gitu aja. Oh ya, untuk sementara aku nggak bisa menyebutkan siapa dia nama temanku ini, yang jelas dia adalah teman baru yang kukenal lewat twitter karena dia adalah salah satu kontributor di buku Traveling Note Competition. Yippie! :D

Next! Masih berhubungan dengan passionku, kali ini dalam hal membaca dan meresensi buku. Puji Tuhan, beberapa hari lalu aku mendapat E-mail dari seorang Editor in Chief majalah traveling yang cukup besar berisi penawaran untuk menjadi reviewer buku traveling di majalah itu! Yeay... dalam hal ini, aku berterima kasih sama mas Ariy, teman dan juga penulis buku traveling yang merekomendasikan namaku kepada temannya ini yang saat itu sedang mencari seorang reviewer. Ya, karena aku pernah meresensi salah satu buku mas Ariy yaitu Nomadic Heart di blogku, lalu mas Ariy mengingat aku saat tahu temannya sedang mencari peresensi buku. Dan kemarin sudah didetailkan lagi rincian penawaran dari majalah itu dan... wow! Aku boleh merekomendasikan buku untuk diresensi, namaku dicantumkan di majalah sebagai kontributor, dan... honornya juga gede! Puji Tuhan, tambah lagi deh kerjaan baru berkaitan dengan passionku! Yippieee... God is good! ^^

Masih boleh nyombong nggak nih? Hahaha... maaf, maksudnya berbagi kebahagiaan. ^^. Hari Selasa lalu, tanggal 31 Juli 2013, namaku diumumkan sebagai salah satu pemenang sayembara resensi buku di Yes 24 Indonesia! Ihiiyyy.. aku menang karena menyertakan resensi novel Bangkok (Moemoe Rizal, Gagas Media), dan hadiah yang kupilih adalah I've Got Your Number-nya Sophie Kinsella. Mantab, lah, memang disuruh banyak-banyak baca biar makin terasah cara penulisannya. Hoho...

Memasuki bulan Agustus, harus semangat baru dong.... Dan kemarin juga aku terima E-mail yang cukup bikin tercengang dan deg-degan.... Ya gimana nggak bahagia sekaligus deg-degan, kalau judul E-mailnya: Undangan Writers' Gathering! Wohh! Really, this is new for me, sebutan 'penulis', hihihi. Nggak pede aja gitu ketemu dengan penulis-penulis lainnya yang udah berpengalaman. Setelah aku tanyakan ke teman yang bekerja di penerbit itu, katanya emang ini acara tahunan penerbit itu yang berisi silahturahmi dengan penulis, juga memaparkan rencana-rencana dari redaksi, dan bisa sekalian tanya-tanya juga soal proses penerbitan buku. Ahey! Benar-benar nggak sabar deh bisa menghadiri acaranya.... :D

Sampai di sini dulu berbagi kabar gembiranya.... Semoga yang baca ikut ketularan bahagia, dan ikut jadi semangat juga. Tadi di awal aku sempat heran, aku ini ada jimat apa sih kok beruntung terus secaa beruntun? Hehe, padahal kalau dipikir-pikir apa yang aku terima itu juga hasil dari apa yang aku lakukan sebelum-sebelumnya, kok. Bukannya mau sombong, misalnya dalam hal mengedit, aku memang sedang melatih diri dan ini nggak terjadi dalam satu hari. Latihanku memang otodidak lewat novel-novel yang aku baca dan juga tanya ke temen yang udah jadi editor duluan. 

Lalu soal tawaran meresensi di majalah, itu juga karena sudah setahun lebih aku mulai meresensi buku dan aku melakukannya dengan senang hati. Lalu aku sadar satu hal, the power of networking. Seperti yang aku bilang tadi, dua kerjaan tambahan itu aku dapat karena bantuan teman, yang tahu tentang kemampuanku. Nepotisme? Nggak juga, dong, kan mereka tahu kalau aku bisa dan berminat di bidang itu. Well, do good and be good, I guess. Doing good things as your passion and talent, and also be a good friend for others, karena sumber rezeki kita datangnya bisa dari berbagai cara termasuk dari teman. Semangaatt!! :D

1 comment:

Nurani athera said...

Waaaa~~ampe mangap bacanya O.o
Kereeennn~~
Sangat beruntunh~~
Beruntung dengan segala usaha xixixi