Sunday, April 18, 2010

Heiiyooo Jobseekers..

Heiyooo Jobseekers..
Kalo diartiin ke bahasa Indonesia, Jobseeker artinya Pencari Kerja.. Yang namanya mencari itu biasanya karena belum menemukan, yah.. Tapi hal itu ga berlaku buat pengertian Jobseekers, karena ternyata banyak juga karyawan-karyawan yang tergolong Jobseeker juga kok, alias masih mencari pekerjaan di perusahaan laen yang sekiranya lebih berpropspek. Hohoo, berarti aku juga dong termasuk? well yeah not to be hypocrite, i'll say, yess.. :D

Nah jaman sekarang, Metode pencarian kerja ga lagi dengan membuka-buka halaman koran, melingkari lowongan yang cocok, untuk kemudian mengirim lamaran ke lowongan tersebut. Sekarang metode yang digunakan lebih praktis dan akurat, yaitu dengan menggunakan Jasa Internet. [Siapa yang ga pernah buka Internet, hayo ngacuung.. haa, ga mungkin juga ya ga tau Internet bisa baca ini, wkwkwkwkwk]. Jaman sekarang sih udah banyak situs-situs pencarian kerja yang bisa mengarahkan para Jobseeker ke perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja. Bahkan untuk mengirimkan lamaran, sudah mulai langka metode mengirimkan secara pos, karena kita pun udah bisa menggunakan email untuk mengirim lamaran dalam bentuk file, atau langsung mengisi aplikasi di situs-situs pencari kerja.

Well yeah, as i said, saya pun juga seorang Jobseeker, tough i am not Jobless :D Dan diantara sekian banyak situs pencari kerja, ada beberapa referensi saya. Dua situs pencari kerja yang saya kenal di awal adalah Jobstreet dan Karir.com, dua-duanya menggunakan sistem yang sama, memberikan informasi lowongan sekaligus memasukkan aplikasi lamaran dengan cara yang mudah, yaitu mendaftarkan diri (free, no charge at all), mengisi data-data lengkap, serta memasukkan (upload) file CV dan pas foto kita. Kalo kita udah terdaftar sih, selanjutnya enak, kalo mau apply ke satu perusahaan, tinggal log in aja, otomatis data-data kita akan dikirim ke perusahaan yang bersangkutan. Dari pengalaman saya sih, saya lebih sering dipanggil saat saya memasukkan lamaran ke Karir.com. Entah kenapa, apa mungkin karena perusahaan-perusahaan yang ada di Jobstreet kebanyakan adalah Perusahaan Multinasional (MNC)dengan seleksi ketat?? Might be.. :) tapi bukan berarti saya nggak pernah sama sekali dihubungi dari perusahaan yang menggunakan jasa Jobstreet lhoo..

Nah seiring berjalannya waktu dan juga makin seringnya saya menjelajah dunia maya, saya jadi makin tahu banyak referensi tentang situs pencari kerja. Salah satunya Jobindo. Tapi ya mungkin seperti namanya, maaf bukannya menyepelekan, tapi perusahaan yang ada kurang menantang buat kalian yang suka melirik MNC atau perusahaan-perusahaan besar. Rata-rata yang ada tuh perusahaan lokal yang aku ga pernah tau namanya.. tapi ya boleh dicoba sih, siapa tahu ada mutiara terpendam, hohoho.. Nah, ada satu situs juga yang baru aku tahu akhir-akhir ini (telat nih tahunya) yaitu Jobsdb , situsnya sih hampir sama dengan Jobstreet ya, malah lebih banyak perusahaan-perusahaan yang bagus, baik MNC maupun public listing company.. cuma ada satu kendala yang aku alami dan cukup menjengkelkan waktu buka situs ini, tepatnya waktu daftar. Waktu ngisi kolom lahir, kok fitur kalender nya ga mau buka ya? Diisi manual juga ga mau.. Tapi sempat juga saya berhasil daftar.. Eeehh, besoknya saya log in dengan ID dan password yang sama kok dibilang belum pernah daftar. Aneeeh deh. Tapi untungnya, dia menyediakan fitur aplikasi lamaran bukan hanya untuk member, tapi juga untuk non member. Jadi tetep bisa kirim lamaran deh.. Hoho...

Icpns.com. Jangan terkecoh ya, situs ini ga cuma nyediain info lowongan PNS atau BUMN aja kok, tapi juga lowongan dari perusahaan-perusahaan swasta ternama. Cuma kekurangannya, situs ini suka menyesatkan. Jadi misalnya setelah dia paparkan keterangan tentang lowongan kerja, ditulis kalo mau apply 'silakan klik link dibawah ini'.. eh tapi link link yang ada dibawahnya tuh sama sekali bukan yang berhubungan, tapi lebih ke iklan-iklan numpang lewat!! eee.. cabeee deehhh [pedesss!]. Jadinya saya cuma menggunakan situs ini untuk cari info lowongannya saja. Begitu dapat yang menarik, saya googling lagi deh bagaimana cara apply nya..

Oh ya seperti udah aku bilang diawal tadi, metode menggunakan lowongan di koran udah banyak ditinggalkan, tapi para Jobseeker pasti kalo hari Sabtu tetep suka beli satu koran yang kalo satu hari wiken itu mendadak jadi tebel halamannya kan?? (iya gak, iya gak??) hoho, karena satu koran nasional itu terkenal ngasi extra halaman untuk banyak lowongan kalau hari sabtu.. Nah, sekarang pun kayaknya peminat untuk 'Koran edisi khusus hari sabtu' itu akan mulai berkurang deh sejak adanya KompasKarier yang baru-baru ini dilaunching. Konsep nya sih sama aja dengan beberapa situs pencari kerja yang sudah saya sebutkan, ngasi info sekaligus fasilitas apply online. Walah, apa ga takut omzet edisi khusus sabtu nya turun ya?? Hohohohoo...


Nah itu sih pengalaman-pengalaman ku tentang situs pencari kerja.. FYI, tempat aku kerja sekarang ini juga hasil aku aktif menjelajah karir.com kok. Sudah terbukti, kalau dunia maya banyak sisi positif nya pada dunia nyata.. Tapi ya tetep selektif aja sih, jangan sampe sembarang serbu lowongan, begitu dipanggil bebarengan kita yang bingung sendiri (hohoho, berlaku untuk Jobseeker yang gak Jobless yaah). Tetep hargai dirimu sendiri.. Dan jangan sampai image mu jelek karena cuma asal apply tapi ga mau meresponi panggilan (katanya nanti bisa di blok sama company itu, kan kita gak tahu apa besok-besok kita masih butuh atau enggak)..



Owkay Jobseeker, dont ever stop finding the best in your life.. :)

2 comments:

jojo said...

jangan menyerah para joobseeker! karena hidup berarti terus hadapi tantangan...

Isnan Nur Khakim said...

Yg penting jangan ngirim via jobstreet paling kagak dipanggil